Shopping cart:
Jumlah = pcs
Keranjang
081227955500
580AF46F
Customer service 1
Customer service 1

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Friday, July 24th 2015.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

 

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri yang mengenai bagian dari saluran kemih. Ketika mengenai saluran kemih bawah dinamai sistitis (infeksi kandung kemih) sederhana, dan ketika mengenai saluran kemih atas dinamai pielonefritis (infeksi ginjal). Gejala dari saluran kemih bawah meliputi buang air kecil terasa sakit dan sering buang air kecil atau desakan untuk buang air kecil (atau keduanya), sementara gejala pielonefritis meliputi demam dan nyeri panggul di samping gejala ISK bawah. Pada orang lanjut usia dan anak kecil, gejalanya bisa jadi samar atau tidak spesifik. Kuman tersering penyebab kedua tipe tersebut adalah Escherichia coli, tetapi bakteri lain, virus, maupun jamur dapat menjadi penyebab meskipun jarang.

Infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkan laki-laki, dengan separuh perempuan mengalami setidaknya satu kali infeksi selama hidupnya. Kekambuhan juga sering terjadi. Faktor risikonya antara anatomi perempuan, hubungan seksual, dan riwayat keluarga. Pielonefritis, bila terjadi, biasanya ditemukan setelah infeksi kandung kemih namun juga dapat diakibatkan oleh infeksi yang ditularkan melalui darah. Diagnosis pada perempuan muda yang sehat dapat didasarkan pada gejalanya saja. Pada orang dengan gejala yang samar, diagnosis mungkin sulit karena bakteri mungkin ditemukan tanpa menyebabkan infeksi. Pada kasus yang kompleks atau apabila pengobatan gagal, kultur urin mungkin dapat bermanfaat. Pada orang yang sering mengalami infeksi, antibiotik dosis rendah dapat dikonsumsi sebagai langkah pencegahan.

Dalam kasus yang tidak kompleks, infeksi saluran kemih mudah diobati dengan antibiotik jangka pendek, walaupun resistensi terhadap banyak antibiotik yang digunakan untuk mengobati kondisi ini cenderung meningkat. Dalam kasus yang kompleks, antibiotik dalam jangka waktu lebih panjang atau intravena mungkin diperlukan, dan bila gejala belum membaik dalam dua atau tiga hari, diperlukan pemeriksaan diagnostik lebih lanjut. Pada perempuan, infeksi saluran kemih adalah infeksi bakteri yang paling sering ditemukan, yaitu 10% mengalami infeksi saluran kemih setiap tahun.

Gejala dan tanda
Urin mungkin mengandung nanah (kondisi yang dikenal sebagai piuria) seperti terlihat pada seseorang dengan sepsis karena infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih bawah disebut juga infeksi kandung kemih. Gejala yang paling sering ditemukan adalah rasa terbakar ketika buang air kecil dan harus sering buang air kecil (atau desakan untuk buang air kecil) tanpa duh tubuh vagina dan rasa nyeri yang berat. Gejala ini mungkin bervariasi dari ringan hingga berat dan pada perempuan sehat berlangsung selama rata-rata enam hari. Nyeri di atas tulang kemaluan atau punggung bawah juga mungkin muncul. Orang yang mengalami infeksi saluran kemih atas, atau pielonefritis, mungkin mengalami nyeri panggul, demam, atau mual dan mundah di samping gejala klasik infeksi saluran kemih bawah. Terkadang urin dapat tampak berdarah atau mengandung piuria (nanah di urin) yang dapat terlihat.

Pada anak

Pada anak, gejala infeksi saluran kemih (ISK) mungkin hanya demam. Karena gejala yang kurang jelas, ketika perempuan berusia kurang dari dua tahun atau laki-laki di kurang dari satu tahun yang belum disunat mengalami demam, sebagian besar organisasi kedokteran menyarankan agar dilakukan kultur urin. Bayi mungkin sulit makan, muntah, lebih banyak tidur, atau tampak kuning. Pada anak yang lebih besar, dapat timbul gejala baru inkontinensia (hilangnya kontrol kandung kemih).

Pada orang lanjut usia

Gejala saluran kemih seringkali tidak tampak pada orang lanjut usia. Gejalanya mungkin samar dan hanya tampak sebagai inkontinensia, perubahan keadaan mental, atau kelelahan. Sementara itu sebagian orang datang ke penyedia pelayanan kesehatan dengan gejala awal sepsis, yakni adanya infeksi dalam darah. Diagnosis bisa sulit karena nyatanya banyak orang lanjut usia yang sudah memiliki inkontinesia atau demensia sebelumnya.

Penyebab

E. coli adalah penyebab dari 80–85% infeksi saluran kemih, dan Staphylococcus saprophyticus menjadi penyebab pada 5–10%. Meskipun jarang, infeksi virus atau jamur dapat menyebabkan penyakit ini. Bakteri penyebab lainnya meliputi:Klebsiella, Proteus, Pseudomonas, Enterococcus dan Enterobacter. Hal ini tidak umum ditemukan dan biasanya berkaitan dengan abnormalitas saluran kemih atau pemasangan kateter urin. Infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus biasanya terjadi sekunder akibat infeksi yang ditularkan melalui darah.

Penderita cystitis dan pyelonephritis biasanya mengidap bakteri dari usus (anus), umumnya bakteri aerobik gram negatif, sedangkan gram positif relatif jarang.

    Bakteri gram negatif tersebut adalah: Escherichia coli (yang terbanyak), Klebsiella atau Proteus mirabilis, dan kadang-kadang Pseudomonas aeruginosa. Sedangkan Enterobacter and Serratia dijumpai juga pada pasien di rumah sakit.
    Bakteri gram positif adalah: Staphylococcus saprophyticus pada 5 sampai 10 persen pasien. Dan yang lebih jarang adalah Enterococcus faecalis (group D streptococci) and Streptococcus agalactiae (group B streptococci). Sedangkan di rumah sakit dijumpai pasien dengan bakteri coccus, E. faecalis, and Staphylococcus aureus.

Untuk pertama kali terkena infeksi saluran kemih yang hanya ditandai dengan gejala klinis, maka tidak diperlukan kultur urine dan dianggap bakterinya adalah E. Coli, tetapi jika sudah terkena beberapa kali dan tidak sembuh juga, maka perlu dilakukan kultur urine, karena seseorang dalam hidupnya apalagi jika sampai berusia lanjut dapat terkena 5 atau lebih jenis bakteri termasuk bakteri Staphylococcus saprophyticus yang relatif jarang dan penderita tidak pernah memakai kateter urine padahal resistensi antibiotiknya berbeda-beda untuk tiap-tiap bakteri. Mencoba-coba antibiotik pada orang lanjut usia atau yang kondisinya lemah bukan tindakan yang bijaksana, karena antibiotik pada prinsipnya membunuh bakteri-bakteri termasuk bakteri baik sekalipun yang dibutuhkan tubuh. Kultur urine tidak murah, bahkan bisa saja obat antibiotiknya lebih murah, apalagi kalau itu obat generik, misalnya Chloramphenicol, ataupun obat brand generic yang sebenarnya adalah obat generik yang diberi merek, misalnya Co Amoxyclav.

Jenis kelamin

Pada perempuan muda yang aktif secara seksual, aktivitas seksual adalah penyebab dari 75–90% infeksi kandung kemih, dengan risiko infeksi berkaitan dengan frekuensi hubungan seksual. Istilah “sistitis bulan madu” dipergunakan untuk fenomena ISK yang sering terjadi pada awal pernikahan. Pada perempuan pasca-menopause, aktivitas seksual tidak mempengaruhi risiko mengalami ISK.Penggunaan spermisida, terlepas dari frekuensi seksual, menambah risiko ISK.

Perempuan lebih rentan terkena ISK daripada laki-laki, karena pada perempuan uretra jauh lebih pendek dan lebih dekat dengan anus. Karena tingkat estrogen perempuan menurun seiring menopause, risikonya terkena infeksi saluran kemih meningkat karena hilangnya flora vagina yang melindungi.

Kateter urin

Kateterisasi urin meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Risiko bakteriuria (bakteri dalam urin) adalah antara tiga sampai enam persen per hari dan antibiotik profilaksis (pencegah) tidak efektif dalam mengurangi infeksi yang bergejala. Risiko infeksi terkait bisa dikurangi dengan hanya memasang kateter bila diperlukan, dengan menggunakan teknik aseptik saat memasukkan, dan mempertahankan aliran kateter lancar dan tertutup dari lingkungan sekitarnya.

Pada kehamilan

Infeksi saluran kemih lebih merupakan kekhawatiran pada kehamilan karena meningkatnya risiko infeksi ginjal. Selama kehamilan, tingkat progesteron yang tinggi meningkatkan risiko berkurangnya tonus otot ureter dan kandung kemih, yang mengakibatkan lebih besarnya kemungkinan refluks, yakni urin mengalir kembali ke ureter di bagian atas dan menuju ginjal . Meskipun risiko bakteriuria asimtomatik tidak meningkat pada perempuan yang hamil, bila terdapat bakteriuria maka mereka memiliki risiko infeksi ginjal sebesar 25-40%. Oleh karena itu bila pemeriksaan urin menunjukkan tanda-tanda infeksi—meskipun tanpa gejala—sebaiknya diberikan terapi.Sefaleksin atau nitrofurantoin biasanya digunakan karena secara umum dianggap aman dalam kehamilan. Infeksi ginjal selama kehamilan dapat mengakibatkan kelahiran prematur atau pre-eklampsia (keadaan tekanan darah tinggi dan disfungsi ginjal selama kehamilan yang dapat menyebabkan kejang).

Sumber : Wikipedia

 

download

Honey Mint | Al Afiat | Jual Madu |

Rp 3000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081227955500
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHoney Mint | Al Afiat | Jual Madu | Jual Honey Mint | Grosir Honey Mint | Grosir Madu Asli | Jual Madu Asli | Grosir Madu Murah | Toko Herbal Jogja | Herbamedis | 081227955500
Harga Rp 3000
Lihat Detail »

ASOXTAN | Herbal Untuk Cacingan | O

Rp 45.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081227955500
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangASOXTAN | Herbal Untuk Cacingan | Obat Cacing | Grosir Herbal | Bursa Herbal | HERBAMED | 081227955500
Harga Rp 45.000
Lihat Detail »
download

Madu Maag Al Mabruuroh | Jual Madu

Rp 65.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081227955500
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMadu Maag Al Mabruuroh | Jual Madu Maag Al Mabruuroh | Grosir Madu Al Mabruuroh | Obat Maag Herbal | Obat Maag | Herbal Maag | Grosir Herbal Murah | Toko Herbal Jogja | Herbamedis | 081227955500
Harga Rp 65.000
Lihat Detail »
download

Cakar Ayam | Herbal Indo Utama | He

Rp 40.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081227955500
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangCakar Ayam | Herbal Indo Utama | Herbal Bronkitis | Obat Batuk | Distributor Herbal Indo Utama | Grosir Herbal Murah | Toko Herbal Jogja | 081227955500
Harga JawaRp 40.000
Luar JawaRp 45.000
Lihat Detail »
download

Progis | HERBAMED | Herbal Rematik

Rp 75.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081227955500
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangProgis | HERBAMED | Herbal Rematik | Herbal Saraf | Obat Pegel Linu | Herbamedis | 081227955500
Harga Rp 75.000
Lihat Detail »
download

Teh Mumtaz | Mumtaz Tea | Obat Herb

Rp 35.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081227955500
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTeh Mumtaz | Mumtaz Tea | Obat Herbal Pelangsing | Teh Pelangsing | Herbal Obesitas | Pelansing Herbal | Obat Pelangsing Herbal | Grosir Teh Mumtaz | Jual Teh Mumtaz | Herbamedis | 081227955500
Harga JawaRp 35.000
Luar JawaRp 40.000
Lihat Detail »
download

Teh Celup Daun Tin | Teh Daun Tin |

Rp 50.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081227955500
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTeh Celup Daun Tin | Teh Daun Tin | Jual Teh Daun Tin | Jual Teh Celup Daun Tin | Grosir Teh Celup Daun Tin | Teh Asam Urat | Grosir Herbal Murah | Toko Herbal Jogja | 081227955500
Harga Rp 50.000
Lihat Detail »
download

Herbal TDR | Herbal Indo Utama | Me

Rp 55.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 081227955500
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHerbal TDR | Herbal Indo Utama | Mengatasi Sulit Tidur | Herbal Insomnia | Obat Sulit Tidur | Grosir Herbal Murah | Toko Herbal Jogja | Herbamedis | 081227955500
Harga JawaRp 55.000
Luar JawaRp 60.000
Lihat Detail »

Alamat Kantor :


Jl. Wonosari Km. 7, Wiyoro Kidul
Utara Lap. Wiyoro, Baturetno,
Jogjakarta

Tlp. (0274) 444-669
Hp. 0812-2795-5500

email : rsibursaherbal@yahoo.com
facebook :rumah sehat islami
twitter : @rumahsehatislami

Rekening Bank

1691753161 Kisrini
1370010454474 Jarot Supriyanto, SE
0092116905 Kisrini
300801014389534 Kisrini
9192180699 Jarot Supriyanto, SE

Pengiriman

Print & Download Katalog

081227955500

Pin BB : 580AF46F

Customer service 1